#search{width:330px; border:none;background:transparent;height:32px;padding:0;text-align:left;overflow:hidden;border-left:1px solid #BBB} #search #s{width:70%; background:none;color:#3F3F3F;border:0;padding:4px;margin:3px 0 0 12px;float:left} #search .search-image{border:0;vertical-align:top;float:right;margin:8px 4px 0 2px} #search-wrap{padding:15px 0} .topsearch #search{margin-top:0;margin-bottom:0} ='ltr' id='wrapper'>

Pages

Kumpulan Contoh Puisi Cinta Romantis

Kumpulan Puisi Cinta Galau, Kata Bijak Mutiara, Puisi Guru, Alam, lingkungan sekolah, hidup dalam bahasa inggris

Puisi Tentang hari Pers

Puisi Tentang hari Pers – pada postingan kali ini dunia puisi kembali akan membagikan informasi seputar puisi tentang hari pers. Saya akan menyuguhkan beberapa kumpulan puisi tentang hari pers yang pasti nya akan menyentuh ke hati siapa pun yang membaca.

Sejarah Hari Pers Nasional


Namun sebelum kita masuk pada kumpulan puisi tentang hari pers. Baiknya kita harus mengerti terlebih dahulu tentang sejarah mengapa adanya hari pers tersebut? Peringatan hari peras nasional atau HPN yang jatuh setiap tanggal 9 Februari didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. Keputusan Presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 itu menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila.

Puisi Tentang hari Pers


Namun meski begitu, sebelum keputusan tersebut , HPN telah digodok sebagai salah satu butir keputusan Kongres ke-28 Persatuan Wartawan (PWI) di Padang, Sumatera Barat, pada 1978. Kesepakatan tersebut, tak terlepas dari kehendak masyarakat pers untuk menetapkan satu hari bersejarah untuk memperingati peran dan keberadaan pers secara nasional.

Kumpulan Puisi Tentang hari Pers


Dari keputusan- keputasan diatas, maka tanggal 9 februari merupakan peringatan hari pers nasional. Pers selalu mengalami dinamika permasalahannya dari masa ke masa. Bukan saja pada masa Orde Baru, namun juga sebelum Orde Baru hingga saat ini mulai dari belenggu kolonialisme hingga kebebasan pers yang dibungkam. Maka dari itu, diharapkan, melalui peringatan HPN, insan pers dan masyarakat sudah seharusnya senantiasa berbenah dan mewujudkan cita-cita Indonesia.

Baca : Puisi Perjuangan Buruh dan Hari Buruh

Di dalam artikel kali ini saya akan menyuguhkan beberapa kumpulan puisi tentang hari pers, dapat anda baca secara seksama sebagai berikut.

Biru Lautan Tak Seindah Perlakuanmu

Biru lautan tak seindah perlakuanmu
Keras ombak lambang kesombonganmu.
otak dan perilakumu tak lagi saling menyatu
Tak tau mana lawan dan mana kawan
     
Kau perisai bagi rakyatmu
kau juga duri dalam dagingku. 
Mana janji tulus setiamu
yang tak kunjung kau tepati
     
Bila rakyat berani berkeluh
Itu artinya sudah gawat
bila omongan penguasa tak lagi dapat dipercaya
maka kebenaran pasti terancam


Demokrasi Media Massa

Tak semua wartawan profesional 
di antaranya adayang suka nakal 
Fakta suka di putar 
Demi dapatkan beribu keuntungan

wartawan tanpa surat kabar 
Keberadaannya sudah dimana saja 
Berkedok macam wartawan benar 
pada akhirnya hanya untuk kesenangan

demokrasi media massa
bukan hanya penyampai informasi belaka
tetapi juga pengontrol semua lembaga 
Punya kode etik yang mesti dijaga


Si Pemburu Berita


Di tengah panas terik matahari
Wartawan terus berjuang 
Berjuang tak ada lelah
Badan legam tak dipandang 

Kemana pun pergi 
kamera setia menemaninya 
tak lupa juga pena
Wartawan terus memburu berita 

Gaji bukan persoalan 
Asal kan itu halal
Bagi wartawan yang senang
Ketika tulisannya jadi pembicaraan 

demikian artikel mengenai Puisi Tentang hari Pers yang berisi kumpulan puisi diatas, semoga bermanfaat dan menambah kecintaan kita terhadap indonesia mengingat perjuangan-perjuangan para pahlawan yang  tak pernah hilang di telah zaman, terima kasih :)
Back To Top